Petunjuk Teknis Sensor Conduktifitas

Jumat, 03 September 2010

Conduktifitas adalah ukuran kemampuan suatu larutan untuk menghantarkan arus listrik. Instrumen conduktifitas berarti suatu alat yang mampu mengukur kemampuan suatu larutan dalam menghantarkan arus listrik antara dua buah plat konduktor yang terpisah dengan jarak tertentu.



Dengan menggunakan Hukum Ohm dimana V=i.R dan pengetahuan tentang conduktifitas (G) dimana G=1/R maka dapat ditentukan nilai conduktifitas yaitu G=i/V.
Jumlah ion konduktif dari larutan seperti garam meningkatkan konduktifitas antara dua buah sel knduktif yang digunakan sebagai sensor. Sensor sendiri berarti segala sesuatu yang dapat menangkap perubahan di lingkungan baik fisik maupun kimia lalu dikonversi menjadi besaran listrik. Semakin tinggi konsentrasi ion akan menghasilkan nilai conduktifitas yang semakin tinggi pula. Sinyal AC digunakan karena dapat mencegah ionisasi dari elektroda.
Nilai conduktifitas juga dipengaruhi oleh suhu. Semakin tinggi suhu dapat menyebabkan ion-ion bergerak lebih cepat. Nilai konduktifitas dapat meningkat 2-5% tiap kenaikan suhu 1oC.
Konduktifitas ditunjukkan dengan satuan microSiemen. Nilai konduktifitas yang tinggi ditunjukkan dengan nilai milliSiemen. Dibawah satu microSiemen, kita dapat menunjukkan nilai konduktifitas dengan satuan ohm.
1 micromho = 1 microSiemen
1.000.000 ohm = 1 megaohm.
1 / 1, 000.000 ohm adalah = microSiemen
1000 micromhos = 1000 microSiemens = 1 milliSiemen
Saat ini industri pengolahan air mengadopsi tata nama PPM untuk menunjukkan nilai konduktifitas. Mengaitkan PPM untuk microSiemens sangatlah sulit, hal ini dikarenakan sebagai air dapat membuat konsentrasi garam yang berbeda dan logam terlarut sehingga mengubah faktor konversi. Lebih baik menggunakan unit microSiemens sebagai satuan ukuran, namun jika anda perlu mengkonversi ke PPM, anda dapat menggunakan rumus berikut:
1 ppm = 1.5 microSiemen.
1 ppm (sodium chloride) ˜ 2 micro siemens (<30,000 uS). 1ppm (mixed salts) ˜ 1.5 micro siemens (<1,000 uS). Konversi yang lebih tepat adalah: ppm = 0.64 x conduktifitas

Oleh: Rizqi Rizaldi

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes